selamat datang di blog saya......enjoy!!!

Friday, February 25, 2011

facebook menggila bagai virus mematikan

facebook menggila bagai virus mematikan
Sebelum berceritra banyak, apakah anda sudah memiliki facebook? pasti 99% jawabannya adalah anda memiliki facebook, hari gini gak punya facebook, ntar bisa di bilang gak gaul, gak update, gak hi tech, dll ho ho ho lebai he he.
Facebook itu apaan sih?
Facebook adalah jejaring sosial atau boso jowone social community yang lagi hot banget saat ini, bahkan lebih hot dari pisanng goreng yang baru di angkat dari penggorengan, lho kok gak nyambung he he he. Facebook diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School yang saat ini termasuk jajaran orang terkaya di dunia, mau mau mau ho ho , dan menurut okezone  April 2009, Pengguna Facebook Capai 200 juta. ngeri khan he he.
Sejak kapan mengenal facebook?
Pada awalnya saya tidak begitu tertarik dengan jejaring sosial yang satu ini walaupun saya sudah register dan terdaftar karena di invite temen terus menerus (kerjaan mesin otomatis pesbuk). namun setiap masuk halaman utamanya buku muka ini agak bingung karena begiiiituuuu banyak fitur yang ditawarkan (dasar saya memorinya lemot jadi sulit mudengnya he he).
Kenapa tertarik join di facebook?
Awal ketertarikan untuk aktif di facebook karena ada layanan facebook ads, dimana kita bisa mempromosikan barang atau jasa yang kita jual di internet, iklan tersebut biasanya muncul di sebelah kanan halaman buku muka. Media periklanan ini awalnya saya pikir cukup menggiurkan mengingat pengiklan belum terlalu banyak dan harga yang tidak terlalu tinggi dan bisa di atur sesuai keinginan, apalagi banyak “facebook coupond code” bertebaran di mana2 yang bisa di manfaatkan untuk beriklan secara gratis ho ho
Kapan mulai aktif facebookan?
Semenjak itulah otomatis saiya sering membuka account pesbuk saya, dan tanpa sadar saya sudah terhipnotis dengan berbagai layanan yang sangat nikmat terasa, bahkan lebih nikmat dari brownis (baca : bukan brondong manis lho) sekalipun ho ho ho. wall post / menulis dinding , wall comment / komentar dinding dll , ada sugesti yang terbukti dalam waktu beberapa hari saya sudah bisa bertemu dengan teman2 lama yang sudah lamaaaaaaaaaa banget gak ketemu juga temen baru dari temennya temen istilahnya mutual friend, keren yah hi hi, oh iya buat yang joomblo juga ok kalo mo nyari “teman” di jamin mudah dan cepat -). Facebook juga sudah menerapkan teknologi web 2.0 dengan berbagai applikasinya sehingga segalanya tetap bekerja di background, jadi gak perlu lagi untuk reload halaman web setiap aktifitas untuk beberapa layanan -) udah2an segera menerapkan web 3.0 -)
Ngapain aja di facebook?
Saat ini saya dan mungkin juga beberapa dari anda pasti setiap hari menghabisakan berjam jam nongkrong di depan browser komputer tanpa lupa membuka facebook bener gak -) ayoo jangan boong -), dan bagi mereka yang on mobile rela menghabiskan pulsa hanya untuk facebookan -) bahkan ada yang rela memanfaatkan layanan sms untuk berfacebookria -), buat yang kerja di kantor si boss pasti seneng ngeliat karyawannya pada serius di depan komputer, padahal gak taunya lagi facebookan ho ho ho. oh iya ampe lupa facebook juga berdampak kepada jejaring sosial yang lain seperti friendster dll, jujur saja banyak orang sudah meninggalkan jejaring sosialnya yang lama dan beralih ke facebook, termasuk saiya -)
Kok facebook bisa di bilang menggila?
Bagaimana tidak menggila?, wong kita di manjakan didalam facebook, gak perlu beranjak dari halaman home aja kita udah bisa nulis wall. komentar sana komentar sini, liat status temen yang selalu update, nguload poto, link, video, dll dengan mudah, chatting, messege dll, gak lupa juga ada layanan quiz yang lucu2, kamu juga bisa bikin group, fan, page, dan buanyaak lagi applikasi yang saya sendiri lom nyoba -).
Facebook bahkan oleh beberapa politikus di manfatkan sebagai sarana kampanye dengan biaya murah bahkan gratis karena sangat efektif dan efisien, terbukti dengan kemenangan obama yang salahsatu media promosinya adalah facebook, dan di ikuti oleh bebrapa politikus kita -)
Semua layanan yang di tawarka itu membuat kita sampai suka lupa kalau kita punya kehidupan yang nyata, semua bikin kita lupa waktu, kadang samapi sulit membedakan mana real mana virtual ho ho ho , kadang teman virtual jadi temen real, dan sebaliknya :) . banyak waktu tersita, banyak pekerjaan terbengkalai, banyak kebiasaan berubah, banyak pulsa membengkak, banyak boss marah2, dan banyak banyak yang lain ho ho ho, buktinya saya sendiri jadi sempat meninggalkan blog ini gara2 keasikan facebookan he he, gimana nggak, wong kalo blogging nulis 1000 kata yang baca dan komentar cuman berapa, sedangkan di facebook kita nulis 10 kata yang komentar bisa sampai puluhan bahkan ratusan,  facebook benar2 virus mematikan melebihi flu burung atau flu babi yang sedang merebak akhir2 ini ho ho ho -) lebai lagi -)
Riset yang dilakukan PIile pada akhirnya mengungkapkan lima tanda ketergantungan Facebook yang patut diwaspadai. Seseorang dikategorikan ketergantungan Facebook jika:
1. Tidur larut malam akibat asyik mengakses Facebook
2. Mengaksesnya lebih dari dua jam
3. Terobsesi menemukan kawan lama melalui Facebook
4. Mengabaikan pekerjaan demi berlama-lama mengakses Facebook
5. Merasa tak bisa hidup tanpa Facebook
Untuk mengujinya, Pile menyarankan Anda melakukan tes kecil, “Cobalah untuk menahan keinginan mengakses Facebook barang sehari. Jika Anda menjadi stres dan gelisah karenanya, berarti Anda perlu mendapat penanganan terapi khusus,” tandasnya.
Sumber: http://techno.okezone.com/index.php/ReadStory/2009/04/24/55/213773/lima-tanda-ketergantungan-facebook
Kalo udah kecanduan trus kudu gimana dong?
Trus bagaimana solusinya biar kita gak terlalu mabuk dengan jejaring sosial ini, menurut riset pile di atas “Cobalah untuk menahan keinginan mengakses Facebook barang sehari. Jika Anda menjadi stres dan gelisah karenanya, berarti Anda perlu mendapat penanganan terapi khusus” ho ho ho wanna try?
Akhirnya semoga tulisan curhat saya yang gak jelas ini bisa beranfaat buat kita semua

No comments:

Post a Comment